CONTOH ARTIKEL HASIL PENELITIAN

Dalam rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Berkelanjutan (PKB) guru dapat memperoleh angka kredit dari penelitian yang dilakukan di lingkup sekolahnya. Penelitian yang dilakukan dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian kualitatif, penelitian eksperimen, Penelitian Research and Development (R&D), maupun praktik baik (best practice). Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut dapat dibuat artikel untuk dimuat di jurnal.

Baca juga: PENTINGNYA JURNAL BAGI GURU DAN AKADEMISI

Guru dapat memuat artikel tersebut pada jurnal yang ber-ISSN maupun jurnal terakreditasi. Jurnal ber-ISSN bisa tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat nasional. Masing-masing tingkatan jurnal mempunyai angka kredit yang berbeda. Selengkapnya dapat dilihat pada Permenpan Nomor 16 Tahun 2009.

Para guru dapat mengirimkan artikel hasil penelitiannya untuk dimuat di Jurnal. Yayasan Bakti Acarya Pertiwi akan menerbitkan Jurnal Pendidikan untuk para guru.

Setelah melakukan penelitian di sekolahnya para guru dapat membuat laporan dan menyeminarkan hasil Penelitian tersebut. Laporan hasil penelitian dapat diringkas menjadi sebuah artikel yang dapat dimual pada jurnal. Berikut ini adalah contoh artikel yang dimuat dalam jurnal. Sistematika jurnal ini hanya sebagai acuan, namun tidak mesti sama seperti itu. Sistematika artikel jurnal harus disesuaikan dengan kaidah selingkung yang berlaku di jurnal tertentu. Sistematika sebuah artikel bergantung dengan jurnal mana tempat kita memuatnya.

Posted on: June 2, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *